Pbo


Pemrograman berorientasi objek merupakan pemograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

Objek sebenarnya mencerminkan pola kerja manusia dalam kehidupan kerja sehari-hari. Sebuah objek dapat diibaratkan sebagai departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis.


Contoh departemen:

- Penjualan

- Akuntan

- Personalia

1.Is Identical (because Object has own unique ID)  object tersebut mempunyai identitas tersendiri dapat dibedakan dengan yang lain.

2.Has Behavior (because Object has Method)  object itu mempunyai prilaku atau sifat-sifat yang khusus.

3.Has State (because Object has instance parameter)  object mempunyai ukuran yang baku.

Klasifikasi berarti suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan prilaku(operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup yang disebut kelas. Sesuai dengan contoh di atas maka hewan buas, makhluk hidup, komputer, dan alat transportasi adalah contoh dari kelas. Kelas menunjukkan abstraksi yang menjelaskan sifat penting pada suatu aplikasi dan mengabaikan yang lain. Setiap kelas menunjukkan suatu kumpulan infinite yang mungkin dari objek. Suatu obyek dapat dikatakan sebagai instans dari kelas. Setiap instans dari kelas mempunyai nilai individu untuk setiap nama atribut dan operasi, tetapi memiliki bersama atribut dan operasi dengan instans lain dalam kelas. 





Komentar

Postingan Populer